Langsung ke konten utama

Cara Bisnis Bertahan di Era Digital

Ide bisnis yang menarik di awal pendiriannya tidak akan menjamin bisnis bisa berkembang dan bertahan lama, terutama di era digital seperti sekarang. Ada banyak tantangan untuk bisa mempertahankan bisnisnya agar bisa bertahan lama dan menghasilkan banyak pendapatan.

Apapun jenis bisnis yang sedang dijalankan, pemilik bisnis harus tahu bagaimana caranya untuk bertahan. Suatu bisnis dikatakan bisa bertahan apabila bisa menggaet banyak pelanggan dengan cara yang menarik dan terus meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini beberapa cara bisnis bertahan di era digital.

5 Cara Bisnis Bertahan di Era Digital

1. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi

Cara pertama dan paling utama adalah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi. Di era digital seperti sekarang, teknologi memiliki peran yang sangat penting di semua aspek kehidupan termasuk dalam mengembangkan bisnis. Para pelaku bisnis harus memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya.

Penggunaan teknologi tidak hanya dimaksimalkan untuk promosi produk atau jasa saja melainkan harus digunakan dalam semua aspek bisnis. Bagaimana tidak, teknologi ini merupakan alat yang akan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu, kamu harus melek teknologi terbaru. Jika tidak mau belajar teknologi maka perlahan bisnis bisa karam karena sekarang semua hal menggunakan teknologi.

2. Gunakan Media Sosial untuk Promosi

Saat ini media sosial merupakan bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Dimana hampir semua orang memiliki minimal satu media sosial. Kamu sebagai pelaku bisnis harus tahu realita tersebut agar bisa menggunakannya dalam strategis bisnis. Media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Line, dan sebagainya bisa kamu manfaatkan untuk promosi.

Media sosial bisa kamu terapkan langsung melalui strategi pemasaran bisnis-mu. Penggunaan media sosial untuk promosi tidak hanya murah tetapi cara penggunaannya juga sangat mudah. Tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menggunakannya. Kamu hanya perlu memasarkan produk atau jasa saja. Setiap media sosial dilengkapi dengan fitur-fitur menarik dan itu haru kamu manfaatkan dengan baik untuk membuat konten.

3. Menggunakan Digital Marketing

Selain media sosial, Kamu hjuga bisa menerapkan digital marketing pada bisnis yang dijalankan. Digital marketing merupakan aktivitas promosi sebuah brand atau produk/jasa menggunakan media digital atau elektronik.Apabila kamu tidak bisa menggunakan digital marketing, direkomendasikan untuk menggunakan penyedia jasa digitalmarketing terbaik.

Penyedia jasa digital marketing terbaik akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Dengan begini, maka kamu tidak perlu repot untuk melakukan kegiatan pemasaran.Teknik pemasaran yang digunakan dalam digital marketing adalah search engine optimization (SEO), email marketing, billboard elektronik, iklan televisi maupun radio dan sebagainya.

4. Memanfaatkan Aplikasi untuk Menjalankan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis kamu juga perlu memanfaatkan keberadaan aplikasi untuk membantu pekerjaan agar lebih mudah dikerjakan. Beberapa contoh aplikasi yang bisadigunakan adalah aplikasi administrasi, aplikasi pembukuan, aplikasi akuntansi dan masih banyak lagi.

Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya mempermudah pekerjaan tetapi juga bisa menghemat waktu, biaya dan juga tenaga. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga akan memberikan kenyamanan dalam penggunanya. Contohnya aplikasi e-commerce yang bisa membantu kamu menjual produk dengan mudah melalui smartphone.

5. Kebaruan dan Inovasi

Ide dan juga kreativitas memiliki peranan penting dalam bisnis agar bisa terus berkembang.Penerapan strategi pemasaran berbasis teknologi bisa membuat bisnis berjalan lebih produktif dan juga efisien. Contohnya yaitu, menghadirkan super app, mengubah cara pemesanan dan pembayaran melalui QRIS, menggunakan strategi digital marketing dan sebagainya.

Selain itu, kamu jua bisa melakukan penambahan nilai dari produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuannya agar bisa yang dijalankan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan bisnis kompetitor. Meski begitu, inovasi bisnis harus tetap dilakukan dengan hati-hati.

Itulah 5 cara bisnis bertahan di era digital. Buat kamu para pelaku bisnis yang sedang berjuang untuk mempertahankan bisnis yang dijalankan, beberapa cara atau tips diatas bisa kamu terapkan. Siapa tahu penerapan tips-tips diatas tidak hanya membuat bisnis bertahan saja tetapi juga berkembang pesat.

Postingan populer dari blog ini

Ciri-Ciri Lacoste Original vs Fake, Simak Disini!

Lacoste original menjadi incaran pencinta fashion saat ini. Apa itu Lacoste? Lacoste adalah merek fashion dari Paris Prancis yang terkenal dengan logo buaya. Banyak produk fashion dari Lacoste mulai dari pakaian, sepatu, parfum, kacamata, jam tangan, tas dan baju polo Lacoste paling terkenal adalah baju polo Lacoste L1212, polo pertama diciptakan Oleh Lacoste, terbuat dari 250g Katun Mesir. Barang-barang dari Lacoste memang bernilai cukup tinggi, ini tak terlepas dari sejarah Lacoste yang sudah lama berdiri. Lacoste didirikan tahun 1933 dan pendiri Lacoste adalah René Lacoste dan André Gillier. René Lacoste adalah pemain tenis yang dijuluki "Buaya" oleh pers Amerika, dari julukan inilah Buaya digunakan sebagai logo Lacoste. Saat ini pabrik Lacoste sudah ada di 12 negara seperti Peru, Moroko, Rumania, Italia dan Indonesia. Pabrik Lacoste di Indonesia diproduksi oleh PT. AGGIOMULTIMEX INTERNATIONAL GROUP yaitu perusahaan sepatu di Indonesia yang sudah berpengalaman selama 30 t

Cara Menghapus Pertemanan FF yang Terkait FB

Cara menghapus pertemanan FF sering dilakukan pemain FF yang tidak ingin memiliki banyak teman salah satunya dari Facebook. Di dalam game free fire, terdapat menu platform. Apa itu teman platform? Teman Platform adalah daftar teman otomatis yang di ambil dari daftar teman facebook yang terhubung ke game free fire. Jadi, walaupun kamu tidak add teman platform ini tapi daftar teman platform akan otomatis di tambahkan. Daftar teman platform tidak bisa terhapus dengan cara biasa. Ada trik dan cara menghapus pertemanan ff yang terkait fb. Bagaimana caranya? yuk simak informasi dari triknya.com di bawah ini. Dapatkan Informasi CARA MENGHAPUS PERTEMANAN DI FF YANG TERKAIT FB dengan Follow DISINI CARA MENGHAPUS PERTEMANAN FF 1. Lakukan logout akun game free fire kamu yang akan di hapus teman platform nya. 2. Cara logoutnya, tap di bagian Pengaturan. 3. Tap Logout. 4. Buka aplikasi facebook, lalu login menggunakan akun facebook yang digunakan masuk ke game free firenya. 5. Setelah itu tap Ops

3 Model Potongan Rambut Layer V Pendek dan Panjang Terbaru

Potongan rambut layer v adalah gaya rambut kekinian terbaru 2022 yang sedang naik dan trend di Indonesia. Banyak model rambut segi layer v di tahun 2022 yang bisa diterapkan mulai dari potongan rambut layer v pendek hingga potongan rambut layer v panjang. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak model potongan rambut layer v pendek dan panjang terbaru dibawah ini. Model Potongan Rambut Layer V 1. Volume V Layer Salah satu model segi layer v terbaru yang banyak diterakan saat ini adalah volume v layer. Potongan rambut layer V panjang ini sering digunakan oleh para selebgram dan influencer dunia. Tak heran jika potongan volume v layer menjadi salah satu model potongan rambut layer V yang paling banyak disukai wanita. Karakteristik dan ciri potongan rambut volume v layer berorientasi memberikan umpan layar di bawah rambut. Model potongan ini layernya tidak terlalu banyak, bisa dibilang tipis tapi juga memberikan volume pada rambut. Selain itu, model gaya rambut V layer memberikan perubahan pada